Wednesday, November 23, 2011

Tablet VS Laptop: Mana yang Harus Anda Beli?

Tablet VS Laptop: Mana yang Harus Anda Beli?:
Tablet VS Laptop: Mana yang Harus Anda Beli? 
Saat ini tablet telah mendominasi pasaran komputer jinjing, bahkan mengalahkan netbook yang lebih dahulu ada. Sekarang banyak orang bertanya-tanya apakah tablet cukup baik untuk menggantikan laptop sepenuhnya. Jawabannya sederhana: mungkin. Hal ini benar-benar tergantung pada kebutuhan komputasi Anda. Berikut ini adalah sedikit tips untuk Anda, tentang apa yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli tablet atau laptop.



Kelebihan dan Kekurangan Tablet

Dipimpin oleh iPad 2, tablet sangat ideal untuk mengkonsumsi konten. Tablet merupakan perangkat yang cocok untuk surfing web, membca e-mail dan Facebook, bermain game, membaca majalah digital dan buku, dan menikmati film dan musik.

Perangkat ini dapat turn on secara instan dan cenderung hidup lebih lama dibandingkan notebook. Tablet model terbaik menawarkan 8 jam atau lebih lama penggunaan. Keunggulan baterai tablet juga meluas ke waktu siaga.

Ukuran tablet yang paling populer adalah 9 sampai 10 inci, yang mirip dengan dimensi untuk majalah. Tapi Anda juga akan menemukan banyak tablet dengan layar 7 atau 8 inci. Model ini lebih portabel dan dapat lebih mudah masuk di dalam tas atau saku jaket.

IPad dan pesaing yang berukuran sama cenderung memiliki bobot 725 gram atau kurang, sedangkan untuk model 7 dan 8 inci memiliki berat kurang dari setengah kilogram. Terlepas dari ukuran, tablet lebih ringan dan lebih mudah untuk dibawa dibandingkan laptop.

Untuk produktivitas, tablet semakin serbaguna sebagai aplikasi yang ramah untuk perkembangan bisnis. Ada suite iWork serbaguna untuk iPad, serta aplikasi pihak ketiga yang bisa menjadi pilihan seperti Documents to Go dan Quickoffice. Pilihan serupa juga tersedia untuk tablet Android.

Berkat layanan berbasis cloud seperti Dropbox dan iCloud, kapasitas penyimpanan pada tablet yang terbatas menjadi tidak terlalu masalah, meskipun tablet tidak begitu berguna tanpa konektivitas internet.

Beberapa tablet dirancang cukup baik untuk menggantikan notebook. ASUS Eee Pad Slider memiliki keyboard slide-out, sedangkan Lenovo ThinkPad Tablet memungkinkan Anda mengambil catatan dengan pena pada layar dan dilengkapi dengan keyboard yang opsional. Namun keyboard pada laptop lebih besar dan lebih nyaman,dan notebook lebih baik dalam beberapa hal seperti pengolah kata dan video editing.

Kelebihan dan Kekurangan Laptop

Jika Anda ingin membeli komputer jinjing untuk pekerjaan yang sebenarnya, laptop adalah pilihan terbaik Anda karena mereka menawarkan masukan teks yang lebih baik. Laptop juga menawarkan kenyamanan menonton yang lebih baik, karena mereka memiliki fitur layar yang lebih besar dan tajam. Sebagai contoh, notebook rata-rata memiliki resolusi 1366 x 768 pixel, lebih besar dari layar iPad yang hanya 1024 x 768 pixel.

Anda juga tidak boleh mengabaikan fakta bahwa notebook juga lebih mudah untuk multitasking. Hal ini karena Anda dapat lebih cepat beralih antar aplikasi dan melihat semua aplikasi yang terbuka sekaligus. Taskbar di Windows dan Dock di Mac OSX membuatnya mudah untuk beralih antar program.

Dalam hal bobot, notebook lebik berat dari tablet. Tapi desain clamshell mereka membuat mereka memiliki banyak perlengkapan. Keungulan lain dari laptop di banding tablet adalah perangkat lunak. Ya, tablet memang menawarkan akses ke banyak aplikasi, namun laptop memiliki banyak program yang produktif yang lebih maju.

Microsoft Office Starter Edition banyak di diinstal di notebook. Lalu ada aplikasi gratis seperti OpenOffice dan Paint.NET untuk mengedit foto. Dan jangan lupa aplikasi desktop seperti Photoshop, yang tidak akan Anda temukan pada tablet.

No comments:

Post a Comment