Gambar 1.1. Pengelompokan buah-buahan.
Buah-buahan, sayuran dan ikan yang tertata rapi di pasar atau supermarket umumnya disusun berdasarkan jenisnya (Gambar 1.1)
Kalian dapat melihat buah jeruk berbeda dari apel, pir, atau semangka, bahkan antara sekelompok anggur yang satu dengan kelompok anggur lainnya. Demikian juga halnya dengan makhluk hidup di alam ini. Dalam suatu golongan, individu yang satu dengan individu yang lain memiliki kemiripan, tetapi dengan golongan individu yang lain akan memiliki banyak perbedaan. Perbedaan morfologi, anatomi, biokimia, tingkah laku dan peranannya menjadi dasar dalam klasifikasi makhluk hidup.
Kalian dapat melihat buah jeruk berbeda dari apel, pir, atau semangka, bahkan antara sekelompok anggur yang satu dengan kelompok anggur lainnya. Demikian juga halnya dengan makhluk hidup di alam ini. Dalam suatu golongan, individu yang satu dengan individu yang lain memiliki kemiripan, tetapi dengan golongan individu yang lain akan memiliki banyak perbedaan. Perbedaan morfologi, anatomi, biokimia, tingkah laku dan peranannya menjadi dasar dalam klasifikasi makhluk hidup.
Standar Kompetensi
Memahami hakekat biologi sebagai ilmu.
Memahami hakekat biologi sebagai ilmu.
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi ruang lingkup biologi.
Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi di berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma).
Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi di berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma).
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari Penelitian dalam Biologi (Pertanian), kalian diharapkan dapat:
• Mengidentifikasi karakteristik biologi sebagai pengetahuan dan produk ilmiah.
• Mengidentifikasi langkah-langkah dalam metode ilmiah untuk menemukan konsep biologi.
• Mengidentifikasi sikap ilmiah seorang biologiwan dalam menemukan konsep biologi.
• Mendeskripsikan dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup.
• Mendeskripsikan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup.
• Melakukan klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan kunci determinasi sederhana.
• Mengidentifikasi karakteristik biologi sebagai pengetahuan dan produk ilmiah.
• Mengidentifikasi langkah-langkah dalam metode ilmiah untuk menemukan konsep biologi.
• Mengidentifikasi sikap ilmiah seorang biologiwan dalam menemukan konsep biologi.
• Mendeskripsikan dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup.
• Mendeskripsikan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup.
• Melakukan klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan kunci determinasi sederhana.
Kata-Kata Kunci
Applied science Resisten
Determinasi Semak
Dikotomi Spesies
Herba Taksonomi
Hipotesis Takson
Kingdom Terna
Klasifikasi Variabel bebas
Pencandraan Variabel bergayut
Pure science Variabel
Pernahkah kalian melakukan suatu penelitian ilmiah? Apa saja yang harus kalian lakukan selama proses penelitian berlangsung? Penelitian hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang memiliki sikap ilmiah. Rasa ingin tahu yang tinggi merupakan sikap ilmiah yang mendorong seseorang untuk melakukan penelitian. Sikap ilmiah akan menuntun seseorang untuk melalui tahapan-tahapan terencana dan sesuai prosedur dalam melakukan percobaan (penelitian). Penelitian itu sendiri digunakan untuk memperoleh konsep-konsep suatu ilmu. Biologi, fisika, dan kimia merupakan contoh ilmu pengetahuan alam. Dalam bab ini kalian akan mempelajari penelitian dalam biologi yang akan mempelajari hakikat biologi sebagai ilmu.
Applied science Resisten
Determinasi Semak
Dikotomi Spesies
Herba Taksonomi
Hipotesis Takson
Kingdom Terna
Klasifikasi Variabel bebas
Pencandraan Variabel bergayut
Pure science Variabel
No comments:
Post a Comment