Friday, October 14, 2011

Reaksi antara Alkena Simetri dan Asam Sulfur

Halaman ini memberikan fakta dan contoh,mekanisme untuk adisi elektrofilik antara asam sulfur dan alken seperti eten dan sikloheksen.
Adisi Elektrofilik antara eten dan asam sulfur
Fakta
Alken bereaksi dengan asam sulfur pekat pada suhu rendah dan mengasilkan alkil hidrogen sulfat. Reaksi dengan eten menghasilkan etil hidrogensulfat.

Struktur dari molekul yang dihasilkan seringkali ditulis sebagai CH3CH2HSO4, namun penulisan pada persamaan reaksi diatas lebih baik karena menunjukkan bagaimana atom-atom berikatan. Anda juga menuliskannya sebagai CH3CH2OSO3H.

Bingung?? Jangan.
Yang anda harus ingat adalah struktur dari asam sulfur dan setelah itu mekasime pada hidrogen bromida karena mekanisme ini sama dengan mekanisme tersebut.
Mekanisme untuk reaksi antara etena dan asam sulfur,
Asam Sulfur sebagai elektrofil
Atom Hidrogen terikat ke atom oksigen yang sangat elektronegatif yang berarti bahwa hidrogen akan bermuatan lebih positif. Pada mekanisme kita akan lebih berfokus pada salah satu hidrogen yang berikatan dengan oksigen karena hidrogen yang satu lagi berada terlalu jauh dari karbon ikatan rangkap untuk turut berpengaruh.
Mekanisme
Lihat dengan seksama struktur dari produk yang dihasilkan sehingga anda dapat mengerti mengapa muncul penulisan formula seperti yang dituliskan diatas (CH3CH2OSO2OH dll).
Reaksi adisi elektrofilik antara sikloheksen dan asam sulfur
Kali ini kita akan langsung ke mekanisme tanpa persamaan awal. Hal ini untuk menunjukkan bahwa jika anda dapat mengetahui stuktru dari molekul yang dihasilkan anda dapat menuliskan mekanismenya.
Mekanisme untuk reaksi antara sikloheksen dan asam sulfur
Atau anda dapat menyederhanakannya lagi menjadi:

No comments:

Post a Comment