Saturday, September 17, 2011

Tips Mengoptimalkan LinkedIn Dalam Pengembangan Karir dan Usaha

Banyak cara yang dapat digunakan untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan penggunaaan LinkedIn untuk tujuan perkembangan karir dan usaha kita. Berikut ada beberapa tips dan trik yang dapat digunakan di antaranya ialah:
1. Meningkatkan Peluang: Dengan memperbanyak koneksi dengan anggota lainnya, peluang anda untuk mendapatkan tawaran kerjasama / bisnis akan bertambah. Buatlah  profil LinkedIn yang benar-benar menunjukkan kelebihan anda sebagai seorang entrepreneur. Cantumkan prestasi, pengalaman, latar belakang kerja dan pendidikan anda dengan rinci.
2. Membuat Anda Lebih Mudah Dihubungi: Lengkapilah biodata anda sebaik-baiknya, termasuk lengkapi pula daftar perusahaan di mana anda bekerja sebelumnya, afiliasi, pendidikan dan kegiatan. Anda bisa juga menggunakan tautan menuju profil LinkedIn anda sebagai signature (tandatangan) dalam email anda. Dengan begitu, orang akan dapat dengan mudah mengetahui siapa anda dan kompetensi apa yang anda miliki.
3. Meningkatkan Google PageRank: LinkedIn memungkinkan anda untuk membuat informasi profil anda terindeks oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. Karena profil LinkedIn menerima PageRank yang cukup tinggi dari Google, kesempatan anda untuk dapat diketahui orang lain semakin besar. Untuk memaksimalkan profil anda, buat profil umum dan pilihlah “Full View” serta ganti URL profil umum anda menjadi nama anda. Agar semakin banyak diketahui orang, cantumkanlah tautan ini pada berbagai situs di dunia maya. Misalnya, anda dapat mencantumkannya saat berkomentar di blog orang lain.
4. Meningkatkan Hasil Pencarian Internet: Selain nama anda, anda bisa juga meningkatkan hasil pencarian blog atau situs anda di berbagai mesin pencari seperti Yahoo! dan Google dengan mencantumkannya dalam profil LinkedIn anda.
5. Lakukan Pemeriksaan Referensi Perusahaan, “terbalik”, dan acak: Alat pemeriksa referensi LinkedIn untuk memasukkan nama perusahaan dan tahun saat orang tersebut bekerja di perusahaan untuk mencari sebuah referensi. Pencarian anda akan menemukan orang yang bekerja di perusahaan selama periode waktu yang sama. Karena referensi yang diberikan oleh seorang kandidat biasanya akan memberi kesan bagus, ini adalah cara terbaik mendapatkan data yang lebih berimbang.Perusahaan umumnya akan memeriksa referensi anda sebelum mempekerjakan anda tetapi apakah anda pernah berpikir untuk memeriksa referensi calon manajer anda? Sebagian besar peserta wawancara tidak berani untuk bertanya kepada atasan mengenai referensi tetapi dengan LinkedIn anda mempunyai cara untuk melakukan ini.
6. Menambah Relevansi Pencarian Kerja: Gunakan pencarian lebih lanjut LinkedIn untuk menemukan orang-orang dengan pengalaman atau pendidikan seperti milik anda untuk melihat di mana mereka bekerja.
7. Memperlancar Wawancara: Anda dapat menggunakan untuk menemukan orang-orang yang sedang anda temui.  Mengetahui bahwa anda bersekolah di tempat yang sama, bermain sepakbola, atau sama-sama mengenal orang yang sama terdengar lebih baik dari sekedar diam dan berkata, “Saya baik-baik saja, terima kasih.”
8. Ukurlah Cerah Tidaknya Prospek Sebuah Industri: Jika anda berpikir tentang investasi atau bekerja pada suatu sektor, gunakan LinkedIn untuk menemukan orang-orang yang bekerja untuk para pesaing – atau bahkan lebih baik lagi, perusahaan yang telah ambruk. Misalnya anda mau membangun sebuah toko hewan peliharaan online, mungkin anda belajar banyak dengan berbicara dengan karyawan Pets.com atau WebVan.
9. Melacak Para Pemula: Anda dapat melihat orang-orang dalam jejaring anda yang memulai bisnis dengan melakukan pencarian lebih lanjut untuk sederet kata kunci. Gunakan penyaring “Sort By” atau “Degrees away from you” untuk melihat orang-orang yang terdekat dengan anda lebih dulu.
10. Integrasikan Dengan Pekerjaan Baru: Saat orang-orang memulai sebuah pekerjaan baru, biasanya mereka belum memiliki begitu banyak relasi di perusahaan baru. Namun, dengan LinkedInpegawai baru dapat mempelajari profil para pegawai lainnya dan membantu mereka mengenal lingkungan kerjanya lebih cepat.
11. Menyelidiki Pesaing, Pelanggan, Mitra, dsb: Bukan rahasia lagi bahwa dengan LinkedIn anda bisa melakukan penyelidikan terhadap pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis anda.
12. Minta Nasihat: Produk terbaru LinkedIn, LinkedIn Answers, memungkinkan anda meminta nasihat secara online. Produk ini memungkinkan anda untuk menyiarkan pertanyaan yang berhubungan dengan bisnis kepada jejaring anda dan jejaring LinkedIn yang lebih luas. Dengan ini anda akan mendapatkan lebih banyak respon yang bernilai lebih tinggi daripada respon yang diberikan dalam sebuah forum terbuka

No comments:

Post a Comment